KepriTanjungpinangTerkiniTrend

Terminal Sri Bintan Pura Terus Berbenah, Pelayanan Penumpang Makin Prima

×

Terminal Sri Bintan Pura Terus Berbenah, Pelayanan Penumpang Makin Prima

Sebarkan artikel ini

Infotoday.id – PT Pelindo Multi Terminal Branch Tanjungpinang terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kegiatan Coffee Morning yang digelar Sabtu (24/5), pihak manajemen memaparkan berbagai capaian serta rencana pengembangan fasilitas terminal demi menciptakan kenyamanan dan efisiensi yang lebih baik.

“Terminal SBP terus berbenah melalui berbagai program untuk menjamin keselamatan, kenyamanan, ketersediaan fasilitas, dan pola layanan yang optimal,” ungkap Manajer Operasi I Multi Terminal Tanjungpinang, Alfensius Romyco kepada awak media.

Ia menjelaskan, trafik penumpang pun mengalami lonjakan signifikan. Pada tahun 2023, jumlah penumpang mencapai lebih dari 2 juta orang, melonjak dua kali lipat dibandingkan tahun 2021 yang hanya mencatat sekitar 1 juta penumpang. Hingga April 2025, tercatat sudah lebih dari 683 ribu penumpang dilayani.

“Khusus angkutan Lebaran 2025, total penumpang yang dilayani mencapai 231.889 orang, meningkat 2,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan kami,” jelasnya.

Melalui program “SBP Berbenah” kata Alfensius, berbagai proyek besar telah atau tengah dilaksanakan. Di antaranya adalah perawatan dan penggantian ponton, pengaspalan jalan, perbaikan eskalator, pemasangan AC dan kaca film Sparta, hingga pembangunan toilet dan jalur pedestrian.

Pelindo juga terus mendorong inovasi layanan. “Kami kini menyediakan handling baggage free untuk penumpang internasional dan melakukan penataan ulang jalur troli agar lebih efisien. Tarif porter juga telah distandarisasi demi memberikan kepastian layanan,” katanya.

Selain itu, kanal pengaduan pelanggan kini telah terintegrasi secara nasional dan resmi go live sejak 21 Mei 2025. “Dengan sistem ini, setiap keluhan bisa ditangani lebih cepat dan transparan,” tambahnya.

Atas berbagai terobosan ini, Terminal SBP menerima penghargaan Prima Madya dari Kementerian Perhubungan pada tahun 2024, sebagai bentuk apresiasi terhadap peningkatan pelayanan publik.

Ke depan, manajemen SBP telah menyiapkan sejumlah rencana lanjutan, seperti bundling tiket dan pas internasional, penataan sistem e-ticketing, serta penambahan eskalator dan AC standing guna meningkatkan kenyamanan pengguna jasa.

“Dengan semangat berbenah yang terus kami jaga, kami ingin Terminal Sri Bintan Pura menjadi gerbang maritim yang membanggakan masyarakat Kepulauan Riau,” tutupnya.